Tips Belanja Kain Agar Hemat

Tips Belanja Kain – Halo semua. Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai tips berbelanja kain. Sebab, sebagaimana diketahui, ibu-ibu, mbak-mbak, emak-emak, tante-tante, biasanya kalau sudah masuk toko kain, sering khilaf dan kalap. Rasanya, ingin membawa semua kain yang ada di toko bukan? Ya kan? Ya kan? Ngaku saja lah. Saya juga gitu kok. hehee

Oke, sesuai judul, kali ini saya akan sedikit membagikan tips agar kita tidak khilaf dan kalap.

Pertama, bawa uang secukupnya.

Nah, iniii. Khilaf dan kalap dalam berbelanja seringkali disebabkan karena adanya KESEMPATAN. Ingat, segala tindak kekhilafan dan kekalapan dalam berbelanja adalah hasil dari olah KESEMPATAN.

Apa hubungannya kesempatan dengan belanja kain? Jelas ada dong. Kalau tidak ada, ngapain saya tulis di sini kan.

Jadi, ketika anda membawa uang lebih untuk berbelanja kain, itulah yang disebut kesempatan. Sebab, dengan adanya uang lebih, anda juga berkesempatan untuk menghabiskannya dengan cara…… khilaf berbelanja yang tidak dibutuhkan.

Nah, agar kita tidak punya kesempatan untuk berbuat khilaf dalam berbelanja, saran saya, bawalah uang secukupnya. Jangan terlalu banyak membawa uang ketika belanja kain.

belanja kain 1
belanja kain

Kedua, rencanakan belanjaan.

Segala sesuatu yang tidak disertai dengan perencanaan yang matang biasanya akan kacau. Begitu juga dengan belanja, terutama belanja kain. Bisa jadi, awalnya kita hanya hendak membeli kain jenis A karena memang sedang MEMBUTUHKANNYA, akan tetapi, setibanya di toko kain, bisa jadi, kita juga INGIN membeli kain B, C, D, dan seterusnya.

Oleh karena itu, rencanakan belanjaan kain anda. Kain apa saja dan ukuran berapa meter yang memang anda BUTUHKAN. Sebab, apabila menuruti KEINGINAN, tentu tidak akan pernah ada habisnya.

Ketiga, segera pulang.

Kata pepatah, dari mata turun ke hati. Kalau dilanjutin, dari mata turun ke hati lalu membeli. Nah, bisa jadi keinginan kita untuk membeli kain yang sebenarnya tidak kita butuhkan berawal dari melihat-lihat kain-kain yang sebenarnya bukan menjadi kebutuhan kita. Oleh karena itu, untuk meminimalisir keinginan, setelah anda membeli kain yang anda butuhkan di toko kain, segera beranjak pulang. Jangan kebanyakan melirik-lirik karena lirikanmu matimu akan menarik hatimu dan akhirnya membuat kantongmu jebol. hehehe. Kecuali, jika memang anda yakin bakal tidak tergoda oleh rayuan kain-kain yang tampak begitu indah di toko kain.

Demikian beberapa tips dalam belanja kain agar bisa hemat dalam berbelanja. Semoga bermanfaat 🙂

 

(Khalimatu Nisa)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *