Berburu Kain Kiloan di Jogja

Kain Kiloan – Perempuan biasanya lebih identik dengan pakaian beserta kain. Kain hawa ini biasanya relatif lebih sering berbelanja kain sebagai bahan baku utama baju dan menjahitkannya ketimbang kaum adam. Oleh karenanya, apabila anda melihat toko kain, hampir dapat dipastikan bahwa 90% pengunjungnya adalah perempuan. Sisanya, mungkin sebagaian pasangan atau suami mereka yang mengantarkan berbelanja kain.

Nah, ngomong-ngomong soal kain, Jogja sebagai kota besar juga merupakan salah satu sentra toko kain. Segala macam kain kayaknya memang ada di Jogja. Tapi, kali ini, saya akan berbagi tentang berburu kain kiloan di Jogja. Seperti judul yang telah tertulis di atas.

Nah, apabila kawan-kawan sedang main ke Jogja, atau memang sedang tinggal di Jogja dan ingin mencari kain kiloan, kawan-kawan bisa menyisir Jalan Urip Sumoharjo Kota Yogyakarta. Kadang juga disebut jalan Solo-Jogja. Letaknya berada di barat Gejayan, atau ke arah barat dari Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Di deretan jalan itu, toko-toko kain banyak berjejeran dan menawarkan kain dagangannya. Kadang, kalau beruntung, ada diskon di sebagian toko.

Nah, untuk yang jual kain kiloan, letaknya juga di deratan jalan tersebut. Menghadap ke Selatan. Nama tokonya adalah Jogja Wisata Kain Kiloan. Saran saya, kalau mencari toko ini, pelan-pelan saja saat mengendarai kendaraan. Karena selain tokonya yang agak kecil dan agak nyempil, Jalan Urip Sumoharjo ini adalah jalan searah. Jadi, kalau kelewatan, tidak bisa balik lagi kecuali berjalan. Atau, lebih amannya sih, parkirkan saja kendaraan anda kemudian jalan kaki untuk mencarinya.

Kalau kalian memasuki toko ini, kalau sedang rame, kalian akan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Karena memang tempatnya agak sempit. Tapi, dijamin puas deh kalau berburu kain kiloan di sini. Sebab, kain yang ditawarkan di sini sangat beragam dan bermacam-macam. Jadi, pastikan dulu sebelum berburu, kalian hendak berburu kain jenis apa. Agar nanti tidak bingung saat telah sampai di toko. Kamu tinggal tanya saja ke petugasnya kain yang kamu inginkan.

Karena kain kiloan, dalam berburu, kita harus menyiapkan tenaga lebih. Karena biasanya kita harus “mengobrak-abrik” tumpukan kain untuk mencari kain yang kita cari. Jadi, siapkan minuman agar lebih segar. hehe

Soal harga, namanya kiloan, biasanya jelas lebih murah ketimbang kain yang dijual meteran. Dalam soal harga, di toko satu ini, harga kain kiloannya dipatok di kisaran harga Rp 85.000 hingga 165.000 per kilonya. Tentu harganya tergantung dengan jenis kainnya.

Itu sih kalau kelebihannya berbelanja kain yang kiloan. Yaitu harganya lebih murah dan ramah di kantong. Cocok buat kantong para mahasiswi. hehe

Kalau kekurangannya sih, kita tidak bisa memilih kain-kain dan warna-warna yang eksklusif sebagaimana kain-kain dengan warna-warnanya yang beragam yang dijual secara meteran. Jadi wajar kalau kain kiloan lebih murah. Karena pilihan kain dan warnanya memang lebih terbatas ketimbang kain yang dijual meteran.

Nah, buat kalian-kalian yang ingin berburu kain kiloan di Jogja, boleh juga untuk mengunjungi toko satu ini. Hitung-hitung refreshing kan?

 

(Khalimatu Nisa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *